Minggu, 04 Maret 2012

Independensi Data Dalam Basis Data

Independensi data adalah sifat yang memungkinkan perubahan struktur berkas tidak mempengaruhi program dan juga sebaliknya. Independensi data dicapai dgn menempatkan spesifikasi dalam tabel & kamus yg terpisah secara fisik dari program. Program mengacu pada tabel untuk mengakses data.


Independensi data memiliki dua jenis:

     Independensi Fisik
     Independensi Logis

Independensi data dapat dijelaskan sebagai berikut: Setiap tingkat yang lebih tinggi dariarsitektur data yang kebal terhadap perubahan tingkat yang lebih rendah berikutnya dari arsitektur.

Independensi Fisik: Skema logis tetap tidak berubah meskipun ruang penyimpananatau jenis beberapa data yang berubah untuk alasan pengoptimalan atau reorganisasi.Dalam skema eksternal tidak change.In ini perubahan skema internal yang mungkin diperlukan karena beberapa skema fisik ditata kembali di sini. Data fisik independcehadir dalam database yang paling dan lingkungan file di mana perangkat keras penyimpanan pengkodeanlokasi yang tepat dari data pada disk, penggabungan daricatatan, sehingga ini tersembunyi dari pengguna.

Independensi Logis: Skema eksternal mungkin tetap tidak berubah untuk perubahan yang paling dari skema logis. Hal ini sangat diinginkan sebagai perangkat lunak aplikasi tidak perlu dimodifikasi atau baru diterjemahkan.





source:

http://teguh-cahyono.blog.unsoed.ac.id/files/2010/06/basisdatabaru1.pdf
http://safrilblog.wordpress.com/2011/11/24/bab-6-database/
http://my-basisdata.blogspot.com/p/pengertian-basis-data.html

1 komentar:

  1. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang Basis Data
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3037/1/88.pdf
    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus